Powered By Blogger

WELCOME TO YOU

I LET YOU READ AND SHARE

23.7.07

CRAZY WITH ENGLISH

Siapapun ingin bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Selain sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris bukan lagi hal istimewa di jaman sekarang. Orang-orang sudah tidak kaget jika ada anak yang bisa cas cis cus dengan bahasa Inggris layaknya bahasa Indonesia. Malah yang ngetrend pada saat sekarang adalah penguasaan bahasa mandarin dan Jepang. Jadi, orang yang belum atau tidak bisa berbahasa Inggris dianggap sangat jauh ketinggalan.
Namun, anda pemula (beginner) tidak perlu khawatir. Cobalah saran-saran berikut yang paling tidak menjadi motivasi bagi anda untuk belajar berbahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris tidak melulu harus di sekolah atau lembaga kursus. Belajar otodidak dengan media apa saja tentu bisa dilakukan.
Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah melihat sekeliling anda. Mulailah dari kamar anda. Benda-benda apa yang menarik untuk diamati. Oh, ternyata anda menemukan sebuah bantal diatas kasur. Paling tidak anda mempunyai kamus saku kecil untuk membuat kalimat-kalimat sederhana.
Contoh, It's pillow. It's pink pillow. It's on the bed. I like to lay my head on it everynight.
Ucapkan dengan lantang. Periksalah apakah pengucapan anda sudah sesuai dengan aturan yang ada di kamus. Selanjutnya beralihlah ke benda-benda lain. Cukup 15 menit sehari anda pasti menemukan kesenangan dengan kegiatan ini.
Langkah kedua. Berdirilah di depan cermin. Lihatlah diri anda. Katakan dengan kalimat sederhana.
Contoh, I'm handsome. My hair is black. My nose is sharp and my lips are so sexy.
Kemudian setelah anda mantap. Ambillah poster artis atau foto pacar atau keluarga anda. ungkapkanlah sesuatu tentang mereka. Jangan terlalu banyak, karena akan merasa jenuh dengan sesuatu yang berlebihan.
Langkah ketiga. Setelah merasa anda mempunyai mental untuk berbahasa Inggris maka mulailah mencari partner berbahasa Inggris. Ucapkanlah kalimat-kalimat sederhana atau bisa anda campur dengan bahasa pergaulan sehari-hari karena itu tidak akan membuat hubungan kalian menjadi kaku. Tapi jika dipaksakan berbahasa Inggris akan membuat anda dan teman anda kaku untuk bercakap-cakap sehari-harinya.
Langkah keempat. Sempatkanlah untuk mengucapkan kalimat bahasa Inggris dimana saja. Ketika chating di internet, sepulang sekolah atau ketika jalan-jalan. Tidak perlu dengan suara keras. Cukup bergumam. "Thank you!" atau kalau anda bertemu cewek cantik ucapkan dalam hati "God is the best. You are beautiful lady!" Ini akan memberikan kesan dalam diri anda kalau lingkungan anda bisa diajak berbahasa Inggris walau secara tidak langsung
Langkah kelima. Jika bertemu dengan orang asing sapalah dengan bahasa Inggris walau hanya "How are you?" Anda bisa juga mengunjungi tempat-tempat wisata dimana banyak bertebaran touris manca yang bisa anda ajak berkomunikasi. Tidak perlu takut. Mereka akan dengan senang hati menyambut bahasa Inggris anda yang belum sempurna bahkan mengajari anda.
Kalau sering membuat kesalahan bagaimana? No Problem because mistake is better than nothing!!
Selamat Mencoba!!

No comments: